Asik..!! Bunga KUR Turun Lagi Dari 7% Menjadi 6%/Tahun

Bagi anda pengusaha mikro, kecil dan menengah yang kekurangan modal untuk mengembangkan usaha, ada kabar baik ini mulai Januari 2020 bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) akan di turunkan lagi dari 7% menjadi 6%. Tentunya hal ini akan memperingan beban pembayaran kredit yang akan anda bayarkan kepada bank penyalur KUR.


Selain bunga KUR di turunkan, besaran pinjaman kepada debitur akan dinaikkan. Sebagaimana kita ketahui untuk KUR Mikro jika sebelumnya paling tinggi Rp25 juta, kini mulai januari 2020 akan di tambahkan menjadi Rp50 juta/debitur. Bahkan selain bunga KUR yang diturunkan plafon KUR juga ditingkatkan dari Rp 140 triliun menjadi Rp 190 triliun.

Bunga KUR Turun Lagi Dari 7% Menjadi 6%/Tahun

Sebagaimana yang kami kutip dari laman resmi fanance.detik.com, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto menggelar rapat koordinasi (rakor) mengenai KUR di kantornya Senin (11/11/2019) yang memanggil perwakilan Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BCA.

Airlangga mengatakan, selain subsidi suku bunga diturunkan, jumlah penyaluran subsidi anggaran bunga KUR juga akan diperbanyak dan diperluas. "KUR mau kita turunkan. Prinsipnya jumlah diperbanyak, penyaluran diperluas, interestnya diturunkan," ujar Airlangga di kantornya usai menghadiri rapat terbatas di Istana Presiden, Jakarta, Senin (11/11/2019).

Setelah itu, Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Arif Arianto yang hadir dalam rakor tersebut mengatakan bahwa perwakilan bank-bank yang hadir yakni Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BCA sepakat untuk menurunkan suku bunga KUR.

"Khusus untuk KUR tadi bank-bank yang hadir semua sepakat dengan volumenya ada, jadi tidak keberatan bunganya diturunkan," jelas Arif. Ia menegaskan, jika anggaran subsidi suku bunga KUR diperbanyak maka bank pun tak masalah suku bunga diturunkan.

"Jadi gini sebetulnya, soal walaupun bunga turun tapi kalo volume naik kan secara keseluruhan lebih bagus, dan itu akan lebih bagus untuk kepentingan rakyat banyak. Khusus tadi yang dibicarakan KUR, bagi bank kalo bisa jual lebih murah sehingga mendapatkan volume lebih tinggi itu lebih bagus," imbuh dia.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Jaringan BNI Tambok P Setyawati menuturkan bahwa pihaknya siap jika pemerintah minta suku bunga KUR diturunkan.

Sebelumnya, Jokowi sudah menginstruksikan kepada para menteri kabinet Indonesia Maju untuk menurunkan bunga KUR.
Advertisement
Asik..!! Bunga KUR Turun Lagi Dari 7% Menjadi 6%/Tahun
Buka Komentar