Inilah Alasan Kenapa Kita Wajib Punya Asuransi

Manfaat Memiliki Asuransi - Asuransi merupakan sarana pengalihan resiko keuangan dimasa sekarang atau pun yang akan datang. Layanan ini sangat membantu untuk menyelamatkan kondisi keuangan anda jika sewaktu-waktu ada hal buruk terjadi.

Namun sayangnya sampai saat ini masyarakat indonesia masih belum terlalu akrab dengan dunia asuransi. Hal ini sangat berbeda dengan beberapa negara maju yang masyarakatnya sudah diwajibkan untuk memiliki asuransi.

Asuransi bisa memegang peran penting pada kehidupan seseorang. Hal ini dikarenakan asuransi dapat melindungi aset berharga yang anda miliki dan bisa mengalihkan resiko atas kejadian buruk yang mungkin terjadi di masa yang akan datang.


Alasan Kenapa Asuransi Sangat Penting Buat Masyarakat 


1. Sebagai Sarana Transfer Resiko

Dengan memiliki asuransi, masyarakat hanya perlu membayar iuaran tertentu yang nilai nominalnya kecil, dan pihak asuransi akan bertanggung jawab terhadap hal-hal buruk yang akan mungkin terjadi. Banyak perlindungan atau bentuk proteksi yang dapat masyarakat dapatkan dengan memiliki asuransi.  Berikut ulasannya

  • Manfaat Asuransi Jiwa - Jenis asuransi ini memberikan perlindungan atau proteksi kepada nasabah yang mengalami kejadian fatal seperti kecelakaan yang mengakibatkan kematian atau cacat permanen. Pihak asuransi akan memberikan perlindungan dengan menanggung biaya pengobatan serta perawatan selama di rumah sakit sesuai dengan manfaat dari polis asuransi yang diambil serta memberikan biaya pertanggungan jika pemegang asuransi meninggal.
  • Manfaat Asuransi Kesehatan - Asuransi kesehatan sangatlah membantu masyarakat luas dalam mendapatkan pelayanan kesehatan dirumah sakit. Semua biaya dirumah sakit akan ditanggung oleh pihak asuransi (sesuai polis) atau nasabah asuransi dapat melakukan klaim kepada pihak asuransi dengan menunjukkan bukti yang sah dari pihak rumah sakit. 
  • Manfaat Asuransi Pendidikan  - Mahal nya biaya pendidikan saat ini membuat sebagian anak – anak putus sekolah. Dengan kepemilikan polis asuransi pendidikan, Pihak asuransi akan menjamin pendidikan anak – anak para pemegang polis asuransi sampai ke jenjang pendidikan tingkat tinggi, sesuai perjanjian yang telah di sepakati.
  • Manfaat Asuransi Properti dan Harta Benda - Jenis asuransi ini merupakan bentuk proteksi yang dapat dilakukan terhadap aset para nasabah yang merupakan salah satu sumber penghasilan mereka.  Apabila dimasa yang akan datang terjadi musibah tehadap semua aset tersebut (baik musibah kebakaran, kecelakaan ataupun kehilangan), Pihak asuransi akan memberikan uang pertanggungan sesuai dengan besarnya nilai premi serta aturan perusahaan asuransi tersebut. 

2. Sarana proteksi yang paling efektif

Asuransi merupakan suatu bentuk proteksi secara tidak langsung yang dapat anda lakukan. Anda tidak perlu melakukan pengawasan atau pengamatan secara langsung atas aset atau harta yang anda miliki. Ini menjadikan hidup anda merasa lebih tenang.

3. Sarana untuk menabung

Asuransi juga merupakan sarana untuk menabung. Pada akhir masa premi, pihak asuransi akan mengembalikan semua uang premi ke nasabah atau mungkin pihak asuransi akan memberikan uang pertanggungan yang lebih besar dari iuran premi jika pemegang polis meninggal dunia atau cacat total dalam masa pembayaran premi asuransi.

4. Financial Controlling ( Pengelolaan Keuangan ). 

Semua nasabah asuransi wajib membayar premi bulanan yang telah disetujui kedua belah pihak sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan. Ini sangat membantu bagi masyarakat untuk lebih mengatur penghasilan bulanan mereka dengan lebih cermat.

<< Baca Juga: Tips Jitu Dalam Memilih Asuransi Motor yang Menguntungkan >>
Itulah sedikit informasi yang dapat kami sampaikan mengenai asuransi serta manfaatnya. Jangan ragu untuk bergabung dan ikut berinvestasi pada program asuransi demi keamanan hidup anda. Semoga bermanfaat.
Advertisement
Inilah Alasan Kenapa Kita Wajib Punya Asuransi
Buka Komentar