Keuntungan/Fasilitas Dan Cara Mengajukan EDC Merchant Bank BRI

Review EDC Merchant BRI - Apa keuntungan dan fasilitas Serta Persyaratan Untuk Mengajukan Permohonan EDC Merchant Bank BRI - Pernahkah anda lihat sejenis mesin gesek ATM yang ada di tempat perbelanjaan misalnya di Mall, Pom Bensin, Toko bahan bangunan dan beberapa kasir di toko toko. saat orang membayar barang belanja-an biasnya akan ditanya punya kartu debit atau kredit-nya pak? atau mau pakai kartu saja bu? maka orang yang belanja itu akan mengelurkan kartu kredit atau debit ATM yang ada logo "mastercard" atau "Visa".

Lalu kartu itu langsung digesekan ke alat itu dan pembeli tidak mengelurkan uang sepeserpun. Itulah mesin EDC Merchant, wah cukup praktis dan mudah bukan? lalu apa saja fasilitas-nya jika jika memiliki EDC Merchant? apa saja syarat untuk mendaptkan dari bank BRI? baca selengkapnya ...


EDC Merchant

EDC Merchant adalah Mesin gesek kartu yang dapat digunakan untuk menerima transaksi pembayaran (purchase) dengan kartu kredit, kartu debit dan kartu prepaid yang diletakkan di merchants.

Setiap pemasangan EDC di Merchant, maka Merchant akan dikenakan MDR (Merchant Discount Rate) yaitu fee yang dibebankan oleh Acquiring Bank (pemilik EDC) kepada Merchant (pemili usaha) atas setiap transaksi melalui mesin EDC.

Untuk menampung dana hasil transaksi Merchant di EDC BRI, maka Merchant diwajibkan untuk membuka/memiliki rekening Giro atau tabungan.

Keuntungan & Manfaat EDC Merchant

  • Menambah jumlah transaksi merchant, karena merchant dapat melayani transaksi dengan menggunakan kartu (menjaring customer yang tidak membawa uang tunai) 
  • Menambah daya saing merchant dengan merchant yang ada disekitarnya. Karena dapat melayani transaksi tunai dan transaksi dengan menggunakan kartu. 
  • Meningkatkan volume penjualan merchant karena dapat menjaring customer yang tidak membawa uang cash/tunai. 
  • Sirkulasi Keuangan Merchant akan meningkat hal ini disebabkan karena Merchant dapat melayani transaksi tunai dan transaksi dengan menggunakan kartu. 
  • Biaya penanganan uang tunai turun karena transaksi pembayaran Merchant langsung masuk ke no rekening Merchant (cashless payment).

Biaya yang Akan Ditanggung oleh Merchants

  • MDR (Merchant Discount Rate) yang telah disepakati.
  • Biaya kehilangan dan kerusakan yang diakibatkan oleh merchant.

Persyaratan Pengajuan EDC Merchants Dari BRI

Bentuk usaha
Perorangan
Badan Usaha
Kelengkapan dokumen
Fotocopy KTP/passport/kitas/kitap pemilik pengurus
v
v
Fotocopy NPWP
v
v
Fotocopy SIUP/TDP/surat keterangan domisili/surat ijin gangguan (HO)
v
v
Sertifikat kepemilikan/surat keterangan sewa tempat usaha
v
v
Akta pendirian/anggaran dasar

v
Formulir permohonan merchant, Perjanjian kerjasama dan surat kuasa (jika diperlukan)
v
v
Pembukaan rekening simpanan BRI (tabungan/Giro)
v
v
Keterangan:
v : Persyaratan yang harus dipenuhi
*Badan hukum berbentuk PT atau CV / atau yayasan / koperasi

Fitur dan Fasilitas EDC Merchants

  1. Menerima transaksi semua jenis kartu
  • Kartu Kredit BRI (Master dan Visa)
  • Kartu Debit BRI (Master Card)
  • Kartu Debit Private Label BRI (Simpedes dan Junio)
  • Kartu Brizzi
  • Kartu Kredit dan Debit Bank Lain (Mastercard dan Visa)
  1. Pembayaran ke Merchant H+1 Termasuk Hari Libur
  • Pembayaran ke merchant dilakukan H+1 setelah proses settlement dilakukan oleh pihak merchant termasuk hari libur (settlement hari sabtu pembayaran akan dilakukan pada hari minggu)
  • Cut off time untuk upload data umumnya dilakukan sekitar jam 11 malam.  Oleh karena itu jika settlement dilakukan setelah jam 11 malam, maka pembayaran akan ditambah 1 hari lagi karena mengikuti jadwal upload data berikutnya.  Misalnya: settlement hari Senin jam 11.30 malam, upload data mengikuti hari Selasa malam, sehingga pembayaran baru dilakukan pada hari Rabu.
Baca Juga: Keuntungan, Fasilitas Dan Syarat Membuka Rekening GIRO Bank BRI

Untuk lebih jelasnya silakan Hubungi Kantor Cabang BRI terdekat  atau Call BRI 14017, yang pasti dengan adanya EDC Merchant transaksi lebih mudah tidak repot harus kembalian uang jika lebih dan cepat sehingga menyenangkan pembeli yang tidak bawa uang tunai.

reverensi: www.bri.co.id
Advertisement
Keuntungan/Fasilitas Dan Cara Mengajukan EDC Merchant Bank BRI
Buka Komentar